RSS Feed

Harmoni Busana Muslim di Kantor

June 11, 2017 by murtiyarini

d8429909-8607-45ca-a568-68e6c1cc6811

Tim kerja di Tata Usaha Departemen PTN kebanyakan adalah ibu-ibu cantik. Berhubung di IPB tidak diwajibkan mengenakan seragam PNS, jadi baju kantor kami bebas. Bagi pengguna hijab, busana muslim pun bervariasi, ada yang gamis ada yang potongan. 

Sesekali kami ingin tampil istimewa dengan harmoni busana muslim. Mengenakan busana yang selaras bersama rekan kantor mampu menumbuhkan spirit kebersamaan, kompak dan mesra lho. Apalagi kalau kita foto bersama, yang terlihat adalah “happy family”

Iya sih, memilih busana muslim yang sesuai untuk ke kantor itu gampang-gampang susah. Untuk menciptakan harmoni dalam berfashion, model dan motif baju tidak harus seragam lho. Harmoni itu bisa berarti keselerasan, walaupun berbeda sekalipun. Nah, poin ini yang harus diketahui oleh orang yang menolak seragam.  Catat ya, harmonis tidak berarti seragam.

 Tips memilih busana muslim :
  • Pilih yang bakal sering dipakai. Artinya tidak hanya sekali saja dipakai acara tertentu lantas nganggur bertahun-tahun di lemari. Mubazir kan, beli mahal tapi jarang dipakai. Atau jangan-jangan sekali dipakai, begitu pas dicoba lagi sama anak malah sudah nggak muat? Jangan dong! Syukur kalau bisa buat kerja,  bisa juga buat silaturahmi keluarga, bisa buat jalan-jalan di akhir pekan, acara akhir tahun sekolah dan lain sebagainya. Dengan aneka kegiatan itu, artinya model baju harus bisa masuk ke berbagai suasana. 
  • Model busana muslim yang sesuai dengan karakter pribadi. Pertimbangan pertama adalah pemilihan model berdasar gender, antara laki-laki dan perempuan motif dan model tidak harus sama. Kedua adalah pemilihan model berdasar usia, artinya untuk anak-anak dan untuk orang dewasa juga berbeda karakter.  Selera satu sama lain biasanya berbeda, nggak mungkin kan kita dipaksa menuruti keinginan teman menggunakan motif tertentu? Untuk anak laki-laki dan perempuan pun begitu. 
  • Bahan yang nyaman untuk beraktifitas. Pastinya saya lebih suka bahan utama katun sehingga nyaman dan adem saat dikenakan. Bekerja di kantor seharian membuat badan bekeringat. Kalau baju tidak nyaman, kerja pun jadi tidak fokus. Bahan yang nyaman juga tidak menimbulkan bau badan saat tubuh berkeringat.
  • Harga yang masuk akal. Artinya busana muslim yang tidak terlalu mahal dengan kualitas barang yang memadai.  Dengan harga yang bersahabat ini artinya budget yang tersisa masih bisa ditabung untuk membeli lagi baju muslim lainnya. Misalnya, keluarga jadi mempunyai stok baju kompak dalam beberapa warna berbeda untuk berbagai suasana. 

Harmoni dengan rekan kerja

Membangun harmoni di kantor bisa dengan mengenakan busana muslim yang selaras. Coba deh, spiritnya pasti beda. Kompak berbusana memang membuat semangat kebersamaan makin kental dan makin kompak

Harmoni dalam berbusana   menjadi ekspresi identitas lingkungan kerja. Karena itu pilih corak, warna dan model yang paling mewakili karakter karyawan. Berbusana muslim ke kantor bukan hambatan untuk tampil modis dan fresh.

20170314_123424

Agar tampil harmoni, janjian dengan teman-teman untuk memilih baju muslim untuk ke kantor seperti ini :

  1. Warna yang senada. Warna senada menyumbang harmoni paling utama dalam berbusana. Warna senada tidak harus sama persis. Misalnya bisa dipadu padan antara biru muda dan biru tua, Pink dan ungu, atau orange dan coklat. Tentunya dengan melihat kesesuaian antara gender dan usia.
  2. Aksen busana senada. Selain dari warna, aksen busana yang senada juga menyumbang keharmonian. Misalnya, aksen melayu dengan tunik, aksen china dengan bentuk kerah Ceongsham, atau aksen jepang dengan motif-motif menyerupai bambu atau sakura.
  3. Model busana yang selaras. Sekali lagi saya tegaskan, harmoni tidak harus seragam. Begitupun dalam model busana. Namun untuk mendapatkan kekompakan, model busana bisa diselaraskan. 
  4. Berbagi tim. Jika anda menyukai pilihan dua warna berbeda, bisa diharmonikan dengan cara membagi tim. Misalnya tim A berbusana warna merah, dan tim B berwarna ungu. Untuk ini bisa dibicarakan sambil mengalir saja. 

Lebih dari itu semua, apapun pilihan baju musilmu, yang penting tetap semangat dalam bekerja.



No Comments »

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *