RSS Feed

Portal Pengadaan Pertama di Indonesia

September 23, 2015 by murtiyarini

Pengadaan Barang/Jasa saat ini banyak menghias media massa di Indoensia. Namun sayangnya, yang terpampang adalah sisi negatif pengadaan tersebut, antara lain Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Amat jarang pemberitaan yang bersifat positif dan bertujuan untuk pencegahan agar hal-hal yang negatif tersebut dapat terjadi.

Bagi banyak orang, ilmu pengadaan barang/jasa juga menjadi ilmu yang asing. Yang terbetik dalam pikiran apabila mendengar kata pengadaan adalah “tender” atau “lelang,” padahal pengadaan barang/jasa bukan sekedar tender atau lelang melainkan lebih dari itu.

Ilmu pengadaan merupakan ilmu yang tercerai berai di berbagai web dan blog. Saat ini belum ada portal yang menyatukan segala hal yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa di Indonesia.

Berawal dari pemikiran inilah, maka Pengadaan.id hadir sebagai portal pengadaan pertama di Indonesia yang mengintegrasikan berbagai fungsi, manfaat, dan informasi mengenai pengadaan barang/jasa antara lain info pengadaan, kumpulan hukum dalam bidang pengadaan, informasi pendidikan dan pelatihan, berita, forum, jasa konsultan, toko, dan masih banyak lagi.

Di bawah ini adalah penjelasan dari beberapa fitur yang ada pada portal ini:

Hukum

hukum

Menu ini akan menampilkan kumpulan peraturan yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa di Indonesia dalam bentuk Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres), Keputusan Presiden (Keppres), Peraturan Daerah (Perda), Instruksi Presiden (Inpres), Peraturan Menteri (Permen), Keputusan Menteri (Kepmen), Surat Edaran (SE), Peraturan Lembaga (Perlem), Peraturan Kepala LKPP (Perka LKPP), Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen), dan Lain-lain.

Tujuan dari menu ini adalah untuk memudahkan pengunjung portal dalam memperoleh infromasi tentang berbagai produk hukum yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa pemerintah tanpa harus sudah payah mencari di berbagai website.

Apabila bingung untuk menemukan nama peraturannya, maka dapat menggunakan fasilitas pencarian berdasarkan kata atau nomor peraturan.

Contoh Pencarian dengan Kata “Keuangan”

 

Pelatihan

berita

Fitur ini akan menampilkan informasi pelatihan yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa di Indonesia. Dilengkapi dengan nama diklat, penyelenggara, nama narasumber, lokasi kegiatan, waktu pelaksanaan, formulir perdaftaran, dan download surat undangan.

Karena web ini adalah portal, maka terbuka peluang untuk instansi atau institusi yang hendak menginformasikan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan.

Berita

berita 2

Berita-berita yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa di Indonesia saat ini masih minim tersedia. Kalaupun ada, sebagian besar didominasi dengan berita tentang tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

Hal ini mengakibatkan munculnya efek berpikir negatif dimana-mana. Informasi mengenai keberhasilan pengadaan, inovasi dalam penyelengaraan pemerintahan, dan berbagai berita positif lainnya tenggelam dalam tumpukan berita negatif.

Portal ini fokus terhadap penayangan berita-berita yang bersifat positif dan menimbulkan semangat dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara.

Forum

forum

Forum pengadaan pada portal ini merupakan rebranding dari forum.pengadaan.org yang sudah ada sejak 30 Maret 2011 atau lebih dari 4 (empat) tahun yang lalu. Hingga saat ini jumlah pengguna terdaftar sudah mencapai lebih dari 12.400.

Melalui forum ini, berbagai topik diskusi dapat didiskusikan secara bebas oleh seluruh member tanpa harus dibatasi dengan identitas masing-masing.

Dengan adanya forum pengadaan, diharapkan seluruh pengelola pengadaan barang/jasa di Indonesia dapat saling berbagi pengalaman satu sama lain.

Info Pengadaan

info pengadaan

Info pengadaan juga merupakan program yang rebranding dari smslelang. Yang membedakan antara program ini dengan smslelang adalah informasi pengadaan yang diperoleh tidak hanya dibatasi oleh info lelang yang dilaksanakan oleh LPSE saja, melainkan juga diperluas hingga info pengadaan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), BUMN (seperti PLN, Pertamina), Bank Indonesia (BI) hingga swasta (Chevron, dll).

Selain itu, info pengadaan yang dulunya hanya dapat diperoleh melalui SMS, BBM dan E-Mail, juga sekarang dapat diperoleh melalui Google Playstore, Amazon Appstore, dan dalam waktu dekat dapat diperoleh melalui Apple Appstore.

Pada halaman depan portal ini juga ditampilkan info pengadaan yang diperbarui setiap maksimal 10 (sepuluh) menit.

Konsultan

konsultan

 

Ruang lingkup Jasa Konsultan ini terdiri atas 2, yaitu jasa konsultan untuk penyedia barang/jasa dan jasa konsultan untuk pelaksana pengadaan barang/jasa.

Untuk penyedia barang/jasa, jasa konsultan yang ditawarkan adalah jasa pendampingan pada 3 tahap, yaitu:

Tahap penyusunan dokumen kualifikasi dan penawaran, dengan rincian kegiatan:

Mempelajari Pengumuman Pengadaan secara Non E-Procurement (Non E-Proc) maupun E- Proc;

Mempelajari  Dokumen  Pengadaan  yang  disusun  oleh  Kelompok  Kerja  (Pokja) ULP/Panitia Pengadaan

Memberikan catatan terhadap penyimpangan yang terdapat di dalam pengumuman pengadaan maupun dokumen pengadaan sebagai bahan untuk pertanyaan pada saat penjelasan maupun untuk melaksanakan pengaduan, sanggahan dan tuntutan hukum

Membantu penyedia barang/jasa untuk menyusun dokumen kualifikasi dan penawaran sesuai ketentuan yang tercantum dalam dokumen pengadaan

Mendampingi penyedia untuk melakukan pemasukan dokumen kualifikasi dan penawaran

Tahap penjelasan pekerjaan, dengan rincian kegiatan: 

  1. Menyusun daftar pertanyaan yang akan disampaikan pada saat penjelasan pekerjaan berdasarkan telaah terhadap dokumen pengadaan
  2. Mendampingi pada saat pelaksaan penjelasan
  3. Membantu memetakan permasalahan yang terjadi pada tahap ini sebagai bahan untuk mengirimkan pengaduan apabila diperlukan

Tahap pendampingan pada persiapan penandatanganan kontrak, dengan rincian kegiatan: 

  1. Memeriksa draft kontrak yang telah disusun oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk memastikan kesesuaian kontrak tersebut dengan aspek hukum kontrak.
  2. Memeriksa seluruh klausul kontrak untuk memastikan tidak ada isi klausul yang merugikan penyedia serta ruang lingkup tanggung jawab pada saat pelaksanaan yang tidak jelas.
  3. Memeriksa klausul kontrak yang berkaitan dengan pembayaran untuk memastikan kepastian pembayaran pada penyedia walaupun terjadi wanprestasi dan keterlambatan pelaksanaan kontrak

Untuk pelaksana pengadaan, jasa konsultan yang ditawarkan adalah jasa pendampingan pada 4 tahap, yaitu:

Tahap perencanaan umum pengadaan: 

  1. Mempelajari Identifikasi Kebutuhan dari masing-masing Unit Kerja dan merekomendasikan pemaketan yang sesuai;
  2. Membantu PA/KPA untuk menyusun dan mengumumkan Rencana Umum Pengadaan;
  3. Membantu PPK pada tahap pengkajian ulang Rencana Umum Pengadaan.

Tahap perencanaan pelaksanaan pengadaan: 

  1. Membantu PPK dalam menyusun Spesifikasi teknis dari aspek kesesuaian terhadap peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah;
  2. Membantu PPK dalam menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dari aspek kesesuaian terhadap peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah;
  3. Membantu PPK dalam menyusun rancangan kontrak.

Tahap penyusunan dokumen pengadaan dan penjelasan pekerjaan, dengan rincian kegiatan: 

  1. Membantu Pokja ULP dalam menyusun dokumen pengadaan;
  2. Mendampingi pada saat pelaksaan penjelasan.

Tahap pendampingan pada pelaksanaan kontrak, dengan rincian kegiatan:

  1. Memeriksa kesesuaian pelaksanaan pekerjaan dengan klausul kontrak sesuai dengan ketentuan peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah.
  2. Memeriksa urutan dan tahapan serah terima pekerjaan sesuai dengan ketentuan dalam kontrak.

Pekerjaan ini akan dilaksanakan oleh Firma “KM & Partners” yang beranggotakan ahli-ahli pengadaan di Indonesia yang berpengalaman.

Selain hal-hal yang telah dituliskan sebelumnya, beberapa fitur yang masih dalam pengembangan adalah:

Katalog, yang direncanakan berisi katalog harga barang sebagai bahan bagi pemerintah dalam menyusun Spesifikasi Teknis dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS)

E-Learning, yang direncanakan akan berisi materi-materi pembelajaran dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah dilengkapi dengan fasilitas video streaming yang memungkinkan peserta dapat mengikuti pembelajaran secara real time.

Semoga hadirnya portal ini dapat menjadi trigger pengadaan yang bersih dan tidak mengada-ada.

aplikasi

 

 



5 Comments »

  1. Ikut panitia pengadaan juga mbak, ato di LPSE nya? Yang bikin bingung tuh , UU dan peraturannya sering berubah-ubah. Semoga pengadaan makin bersih dari KKN ya mbak.

  2. jadi inget pelatihan yang pernah saya ikuti :)..ini buat lomba? bon courage :)

  3. Pencapaian yang luar biasa. terus berkarya untuk kemajuan bangsa.

  4. keren min infonya terima kasih banyak admin murtiyarini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *