RSS Feed

[Kuliner Bogor] Variasi Soto ala Ibu Rahayu

September 15, 2014 by murtiyarini

Indonesia memang kaya dengan masakan kuliner. Sebut saja satu jenis masakan terlaris yang disukai tua muda : SOTO.

Mendengar kata Soto, yang terbayang adalah masakan berkuah. Awal datang di Bogor saya sempat berdebat dengan teman  soal deskripsi soto. Kalau di Trenggalek, kampung halaman saya, soto adalah masakan khas berkuah santan, tidak pedas, dengan isi utama ayam atau daging, plus tambahan bihun, bawang goreng atau kubis sesuai selera. Yang penting bersantan.

Nah, di Bogor, soto itu ada yang bersantan dan ada yang bening. Jadi kalau mau beli soto ditanya dulu mau yang bersantan atau bening. Sedangkan dalam benak saya, soto pasti bersantan. Yang bening itu adalah sop.

Akhirnya saya terbiasa dengan istilah baru soal Soto. Baiklah, tak mengapa. Kalau bingung tinggal tunjuk saja menu sesuai foto yang ada di restoran. Atau tunjuk saja panci masakan yang diinginkan ketika belinya di warung. Toh rasa antara soto santan dan soto bening sama-sama enak.

Baru-baru ini saya dan keluarga mendapatkan rekomendasi warung soto yang enak dan tempatnya nyaman. Yaitu Soto Ibu Rahayu. Lokasinya di jalan Pajajaran 177 Bogor, pertengahan antara Plaza jambu 2 dan Rumah Sakit Azra. Wah, strategis banget. Kami biasa melewati jalan itu terutama saat berakhir pekan.

Jadilah kami mencoba Soto Ibu Rahayu. Area parkirnya cukup luas jadi suami saya dengan mudah mengiyakan ketika saya mengajaknua ke situ. Biasanya kami sangat pemilih dalam menentukan tempat makan, memilih yang ada parkirnya agar tidak mengganggu lalu lintas dengan parkir di pinggir jalan.

20140914_160512_wm

20140914_153006_wm

20140914_153258_wm

Sebuah rumah terbuka, tembok hanya sebatas mata kaki. Meja kursi di dalamnya terbuat dari kayu. Suasana asri. Seperti makan di ruang makan sendiri sambil memandang taman.

Menu yang tersedia disini hanya ada soto-soto an. Tapi jangan salah, ada 6 jenis soto. Soto rica-rica, soto oseng, soto bogor, soto ayam, dan soto mie. Saya memilih soto oseng, suami memilih soto rica karena rasa penasaran. Sedangkan anak-anak kami pilihkan soto ayam yang biasa mereka pesan kalau di tempat makan lain.

Tak lama pesanan datang. Wah, cepat juga pelayananannya. Mungkin karena gampang ya, semua berupa soto yang sudah siap saji.

Soto oseng seperti namanya daging dioseng dengan kecap manis dan rasa pedas dari cabe iris. Kuahnya dipisah tergantung pesanan, mau santan atau bening. Saya memilih bening.

 

img1410701512910-1

Soto rica juga dipisah antara daging bumbu rica dan kuah. Suami saya memilih kuah santan. Bagi anda yang pobia pedas, pikir ulang sebelum memeasan soto rica. Pedasnya mantap, membuat telinga berasap. Baik soto oseng dan soto rica daging sapinya empuk dan segar. Pas banget matangnya.

img1410701871104

Tidak salah pilih kami memesan soto ayam untuk anak-anak. Sotonya enak, kata anak saya. Kalau mau ditambah gorengan bakwan dan perkedel juga tersedia secara terpisah. Aneka keripik juga ada.

img1410713686854

Soal harga gimana? Hm, harga relatif ya. Menurut saya sedikit mahal. Setara dengan makan di foodcourt mall. Mungkin karena Soto Ibu Rahayu tempatnya nyaman dan lokasi strategis. Tapi harga tidak membuat kapok. Kapan-kapan pengen ke sini lagi.

 

20140914_153248_wm

 

 



9 Comments »

  1. Lidya says:

    baru tau ada soto di oseng mbak

  2. rodamemn says:

    huwaaa yg soto rica2nya mauuu ada sambalnya diatasnya mantaaap :) btw halal kan mak?

  3. deka amalia says:

    Saya suka SOTO. Harus yobain niih he he he

  4. Ety Abdoel says:

    Soto salah satu makanan favoritku..soto banyumas,soto lamongan, soto betawi,soto makasar, dll…wuih enak..

  5. mutia says:

    Tempat parkirnya juga luas dan teduh di bawah pohon yaa… Nggak jauh lagi, rumah saya deh, Mbak. :)

  6. anak jepara says:

    tepatnya didaerah mana ini bu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *