[TIPS MENEMBUS MEDIA] MEDIA ONLINE

Akhir-akhir ini saya lebih banyak waktu untuk membaca media online, karena bisa dibaca dari HP sambil kelonan (dengan anak).
Di era digital, media online kian populer karena beberapa kelebihannya :

  1. Paperless
  2. Cepat diakses
  3. Ekonomis
  4. Banyak menyediakan ruang publik (citizen jurnalism) sehingga lebih bebas bertukar informasi
  5. Mudah dibagi di jejaring sosial

Media online ada yg membebaskan penggunanya mengunggah tulisan tanpa moderasi, dikenal denga blog bersama, misalnya kompasiana, blogdetik dll, ada juga yang dengan moderasi dan seleksi, misal media Indonesia (ruang citizen jurnalism), tribun news dll.

Detik news biasanya menerbitkan berita dengan cepat. Kalau tidak salah di Detik news ada laman suarapembaca.detik.com, menerima opini dan foto.

Media online bisa menjadi ajang berlatih menulis bagi penulis. Jika masih ragu, bisa dimulai dari surat pembaca, hehehe…itu tahap paling mudah.

Menulislah dari tema apapun, jangan minder karena tema untuk media online sangat beragam.

Cara mengirim tulisan ke media online ada dua cara. Pertama bisa melalui email dan kedua dengan posting di situsnya langsung. Kita harus mengunjungi situsnya untuk mendapatkan info detilnya.

Cara kirim yang posting langsung di situsnya seperti pada kompasiana. Tulisan akan langsung tayang alias nggak ada seleksi. Di kompas cetak sekarang ada rubrik kompasiana, yaitu Kompas Frezz, setiap hari rabu.  Tulisan diambil dari postingan di kompasiana yang terseleksi dan menurut redaksi bagus. Dari kompasiana kita bisa belajar, kalau highlight berarti tulisan bisa mejeng agak lama, kalau headline bisa sebulan dan kesempatan dibaca orang semakin banyak. Kalau kompasiana tidak menyediakan honor. Senengnya, kalau di kompasiana tulisan kita bisa nangkring di headline, artinya tulisan kita banyak dikunjungi pembaca.

Jikalau ditolak di media online, jangan pernah berputus asa. Ada banyak sekali situs media online. Dioper dan daur ulang saja sampai tulisan itu menemukan jodohnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *