{TIPS MENEMBUS MEDIA] MENENTUKAN IDENTITAS PENULIS

Beberapa kali saya mendapat komentar “Dirimu enak mbak, tiap artikel dimuat ada identitas yang pantas dicantumin dibawah nama penulis, makanya sering dimuat. Lha aku mau nulis apa…masa’ ibu rumah tangga?”

Hm, memang untuk tulisan non fiksi di media, identitas penulis biasanya dicantumkan di bagian bawah tulisan. Hampir selalu ada, karena memang pembaca pasti mau tau siapa sih penulis? Apa kapasitasnya menulis ini?

 

Untuk koran-koran besar nasional, kita bisa lihat identitas penulis yang bikin kita langsung mengkerut, contohnya : Guru Besar, Direktur,  Aktivis, Staf Menteri, Anggota Dewan dan lain-lain.

 

Koran tentu nggak mau sebuah tulisan hanya Omdo (omong doang) atau gagasan kosong, karena itu identitas penulis sangat diperhatikan.

Jangan ciut dulu, ingat, kita bisa punya banyak peran lo !

 

Coba kita cari identitas apa yang bisa kita tempelkan pada tulisan kita. Masing-masing tulisan bisa dengan identitas berbeda. Saya gunakan identitas sebagai Ibu untuk artikel parenting, sebagai karyawan untuk artikel perempuan & dunia kerja, sebagai sarjana pertanian utk artikel pertanian & sains, terakhir kemaren saya memberanikan diri menyebut diri “penulis” untuk tulisan tentang bahasa di jawa pos. Yang penting nama tetap sama, identitasnya aja beda. Hehehe

Bagaimana dengan Blogger ? Wow, sudah jelas bisa banget dijadikan identitas dan membanggakan.

Jadi sebuah tulisan yang bagus bisa datang dari siapa saja. Kekuatan tulisan di atas ada pada sajian pengalaman hasil eksplorasi lingkungan sekitarnya oleh penulis, jadi identitas yg digunakan sudah sangat tepat. Pengalaman seseorang adalah suatu ilmu/data yang valid .

 

Identitas ini penting untuk petunjuk redaktur merunut latar belakang kita menulis tema tersebut, apakah mengalami, mempraktekkan atau hanya baca dan menulis ulang. Jadi untuk menyakinkan redaktur bahwa penulis tidak copy paste atau plagiasi.

 

Juga seperti yg kusebut diatas, menghindarkan gagasan “kosong” yang kadang nggak realistis. Buat redaksi penting, karena mereka juga bertanggung jawab memilih tulisan mana yang layak atau tidak.

Bisa jadi tema tulisan bagus banget, tapi redaktur ragu dengan kapasitas penulis, akhirnya tulisan ditolak.

Contoh:

Identitas Guru SMA , menulis tentang teknik bedah syaraf = kemungkinan besar ditolak

Identitas Dosen Unibraw, tema : mengatasi gelandangan dan pengemis di Bogor = Apa hubungannya?

Bisa saja si dosen pernah ke bogor, tapi dia domisili di Malang. Namun identitas ini kurang relevan karena bisa-bisa dibilang “sok tau” oleh pemda Bogor. Mungkin akan lebih dihargai kalo tulisan tentang “pengemis di Bogor” ditulis oleh : Ibu Rumah Tangga di Bogor.

Hanya saja, redaksi tidak bertanya langsung kepada kita kalau identitas dirasa kurang pas atau kurang lengkap, redaksi hanya punya 2 pilihan : terima atau tolak. Jadi kalau tulisan ditolak, identitas patut kita cek ulang, seperti halnya kelengkapan administrasi yang lain.


{ Leave a Reply ? }

  1. Enjoyed reading through this, very good stuff, thankyou .

  2. board game reviews

    I would like to use the chance of saying thanks to you for that professional instruction I have often enjoyed visiting your site. I will be looking forward to the particular commencement of my college research and the general planning would never have been complete without consulting your blog. If I can be of any assistance to others, I might be pleased to help via what I have learned from here.

  3. jailbreak ios 11

    Thank you for writing the idea, I saved the page. I am furthermore interested in information regarding jailbreak ios 11, do you know where I could discover a thing such as that? I’ll be back soon!

  4. قسمت اول شهرزاد

    Hello! This is my very first reply on your website so I simply wanted to give a fast shout out and say I really enjoy reading through your articles. Can you recommend other websites that deal with free full movies? I am likewise very curious about this! Many thanks!

  5. Andre

    Fantastic items from you, man. I’ve consider your stuff prior to and you’re just too wonderful. I really like what you have obtained here, certainly like what you are saying and the way in which you are saying it. You’re making it enjoyable and you continue to care for to stay it smart. I cant wait to read far more from you. That is really a terrific web site.

  6. umroh murah

    Bagaimana pun Indentitas itu tetap penting..

  7. kania

    TFS mak..betul juga ya identitas itu penting yah

  8. mira aqila

    waaaa ternyata pentinh ya mak.. identitas penulis…
    saya IRT aja nulis tentang anak aja hahahahha #istilahnya curhat mak :)
    nice posting

  9. Titi Alfa Khairia

    Hmmm..penting bangrt ya Mak identitas penulis itu, dan harus ada relevansinya dengan tulisan. Thanks for sharing :)

  10. rita asmaraningsih

    Tulisan ini sgt mengsinspirasi.. Mksh ya.. Salam kenal Mbak..

  11. Ida nur Laila

    makasih tipsnya mak…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *