RSS Feed

Miliki, Walaupun Hanya Satu dan Bekas !

October 28, 2013 by murtiyarini

7 tahun lalu, ketika tulisan saya mulai menyasar media cetak, informasi tentang syarat pengiriman, alamat media, jumlah kata, karakter media dan lain sebagainya belum sebanyak dan semudah saat ini.

Sebelum menulis saya mempelajari media bersangkutan secara langsung untuk melihat gaya bahasa, menghitung jumlah kata/karakter secara manual, dan kemudian tulisan-tulisan itu saya kirim via pos.

Sulit menyelami karakter media jika kita tidak memegang, paling tidak, satu eksemplar media tersebut. Karena itu, saya melengkapi koleksi dengan berburu ke tukang loak (biar hemat). Hasilnya lumayan, beberapa majalah bekas dengan tahun terbaru bisa didapat, Selain itu, saya intip-intip di toko buku, walaupun tidak bisa leluasa membaca setidaknya saya mengikuti trend yang sedang berlaku.

 

Membaca langsung media, saya rasa masih menjadi cara terbaik untuk menyelami gaya penulisan dan tentu saja mempermudah kita membuat tulisan yang sesuai. Ketentuan teknis seperti jumlah kata/karakter hanyalah sebagian kecil dari bagian yang harus kita ketahui. Kadangkala, hal-hal tersebut bisa fleksible, bisa dinegosiasi selama tulisan anda bisa menarik hati redaksi.

 

Ada bagusnya mengoleksi daftar alamat dan ketentuan pengiriman berbagai media, namun jangan hanya jadi koleksi tanpa gambaran yang jelas. Jadi, milikilah media yang ingin anda sasar, minimal satu eksemplar.

 

Caranya?

Nggak ada budget beli baru, ya beli bekas.

Nggak ketemu beli bekas, ya pinjam sama teman

Nggak ada teman yang punya, coba deh ke ruang tunggu rumah sakit, dokter atau salon, biasanya tersedia tuh majalah-majalah baru dan lama.

Asalkan berani minta ijin untuk numpang baca hehehe…

Usaha anda menentukan hasilnya  :)



4 Comments »

  1. Tanti Amelia says:

    makasih maak…ikutin jejaknya aah…

  2. Yosi Suzitra says:

    Sama berteman baik dengan agen koran, hehe. Kebetulan ada deket rumah.

  3. apk says:

    wah, harus baca nih kayaknya, biar nakin tahu..hehehe

  4. Nggak ada budget beli baru, ya beli bekas…
    setujuu sesama pemburu murah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *