RSS Feed

[TIPS MENEMBUS MEDIA] MEMILIH TEMA BERDASAR TREN MEDIA

October 12, 2013 by murtiyarini

Setelah sebelumnya saya  menulis tentang memilih tema sendiri, pada level yang lebih lanjut kita mencoba mengikuti apa ‘mau’nya media. Tentu saja tetap harus memahami kebutuhan media, karakter dan pemilihan waktu yang tepat. Artinya, walaupun temanya bukan kita yang tentukan, yang bukan kita pahami betul, nggak punya latar belakang pendidikan dan pengalaman, tapi kita mencoba menggali info dari berbagai sumber dan menulisnya menjadi artikel cantik. Pada level lanjut kita seperti jurnalis, menulis dengan tema berdasar jadwal yang ditentukan.

Jika artikel sudah oke, tentukan sasaran kapan artikel sebaiknya dimuat. Kita bisa menyasar waktu pemuatan dengan mengirimkan PALING LAMBAT 2-3 edisi sebelumnya. Untuk media harian, sebaiknya 2-3 hari sebelumnya, tergantung artikelnya mudah basi nggak (kadaluarsa beritanya). Media mingguan 2-3 minggu sebelumnya, media bulanan 2-3 bulan sebelumnya. Memperkirakan waktu tayang ini penting kalau anda ingin tulisan dimuat lebih cepat dan efektif.  Dengan mengirimkan artikel sesuai tema yang akan datang, kemungkinan dimuat lebih besar dan nggak perlu menunggu terlalu lama.

 

Setiap media punya tren tema yang hampir selalu berulang setiap tahunnya, tentu dengan perkembangan sesuai perkembangan yang ada di masyarakat. Hari-hari penting bisa anda tandai untuk menentukan tema. Misalnya bulan januari-tentang hujan, banjir, penyakit. Bulan april tentang perempuan. Bulan juni-juli seputar pendidikan dan liburan. Bulan agustus seputar nasionalisme, dan banyak lagi.

 

Dengan menajamkan indera, membaca sekecil apapun fakta, kita akan terbiasa mencari satu celah opini yang unik. Yang kumaksud unik tidak harus nyleneh dan keluar pakem. Bisa juga tentang sesuatu yang baru yang terlewat dari pengamatan orang lain, dan pas kita sampaikan orang akan bilang “Oiya,ya, bener juga”

Bisa juga tulisan dalam bentuk tanggapan terhadap tulisan orang sebelumnya. Jurnalis menulis berita, nah..kita bikin opini menanggapi berita itu. Cari opini yg belum pernah dimuat sebelumnya. Kategori sebuah tulisan disebut menarik itu relatif ya, namun biasanya opini yang berbeda akan menarik perhatian publik.

TEMA

Berikut adalah contoh-contoh  tema sesuai hari :

8 Maret = women day
Minggu ke 3 juni = father’s day
Mei = hari bumi, hari buruh
des = hari aids, hari ibu, resolusi tahun baru
1 april – Hari bank dunia
6 april – hari Nelayan Indonesia
7 april – hari Kesehatan Internasional
24 april Hari Angkutan Nasional
24 april-hari solidaritas asia afrika
27 april hari permasyarakatan Indonesia
dan banyak lagi….coba deh search di google.

 



4 Comments »

  1. Muna Sungkar says:

    Wah bermanfaat bgt tips nya mak, maka sih byk ya. Oya aku mo nanya blh ya :) biasanya brp lama si kta nunggu kbr dr media ttg tulisan kita? Kdg ada bbrp media yg ga ngasih kbr apa pun ttg nasib tulisan kita. Etis ga si msk kl kita bertanya? Kl mang ga di approve kn bisa coba masuk ke media lain. Thanks mak 😉

  2. ijin share ya mak, tulisannya sungguh manfaat

  3. Lidya says:

    ooh gitu toh caranya ya mbak, moga2 aku bisa juga

  4. selamat menyambut hari raya Idul Adha..mohon maaf lahir batin…salam :-)

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *