RSS Feed

Aman di Mal (Majalah Parenting , edisi April 2009)

November 3, 2011 by murtiyarini

Mal bukan taman bermain !!! waspadai titik-titik yang rawan kecelakaan ini, terutama pada anak-anak

Eskalator
Jangan gunakan sepatu bertali atau celana panjang yang bagian bawahnya bertali, karena bisa menyangkut di eskalator dan menyeret kaki kedalamnya. Tuntun anak , kalau perlu gendong agar anak tidak terlambat turun dan tergelincir atau terjepit di celah anak tangga.

Lift
Lakukan keluar masuk lift dengan cepat.  Waspadai pintu otomatis. Pastikan anak masuk dan keluar lebih dahulu, baru anda.  Postur anak yang kecil sering tidak terbaca sensor pintu, dan pintu otomatis bergerak menutup.

Troly
Anak-anak suka bermain dengan troly. Awasi agar saat bermain troly tidak terdorong ke tumpukan barang atau menabrak orang lain.

Tangga beroda
Petugas swalayan menata tumpukan barang dengan tangga beroda.  Jangan sampai lengah anak anda bermain atau mendorong tangga tersebut, apalagi jika diatasnya banyak terdapat tumpukan kardus.

Kabel bersliweran
Di bagian elektronik, banyak terlihat kabel bersliweran.  Pastikan anak mengerti bahwa kabel berbahaya jika dipegang tidak dengan benar.  Kabel juga dapat menyebabkan anak-anak tersandung.

Tumpukan barang yang tinggi
Anak suka memindahkan botol-botol sampo atau kardus-kardus dari rak satu ke lainya, tapi mereka belum paham kalau satu benda diambil dapat menghilangkan keseimbangan tumpukan benda diatasnya.  Waspadai juga ketika anda berada di lorong barang pecah belah dan pisau.  Jangan ijinkan anak memegangnya.

Pengharum ruangan dan pembasmi serangga
Tidak disarankan mencium sangat dekat dan menghirup lekat-lekat untuk mengetahui aroma parfum pengharum ruangan atau pembasmi serangga.  Bagaimanapun, zat-zat tersebut berbahaya untuk paru-paru.

Rak Pajangan / Gantungan yang runcing & menonjol
Kacamata, aksesoris maupun perlengkapan pertukangan biasanya dipajang di gantungan dengan tangkai runcing, menonjol dan panjang dan bisa berputar. Jaga agar anak tidak terjatuh ke depan dan mengenai benda runcing tersebut.

Lantai licin
Ajak anak menjauhi lokasi lantai licin yang biasanya diberi tanda oleh petugas agar terhindar dari risiko terpeleset.  Menginjak lantai yang masih basah juga membuat lantai akan lebih kotor lagi, kasihan kan petugasnya…

Kipas angin dan AC besar
Beri pengertian agar anak tidak memasukkan jari-jari mungilnya ke dalam lingkaran kipas angin sementara baling-balingnya sedang berputar kencang.

Dinding kaca
Jika anda sekeluarga makan di foodcourt yang memiliki sisi kaca untuk memandang situasi diluar yang indah, jangan lupa untuk memperingatkan anak agar tidak bersandar di kaca.   Kaca dapat pecah akibat beban berat badan, dan lebih berisiko jika berada pada ketinggian.

Agar jalan-jalan tak merepotkan:
-Bawa perlengkapan minimal yang paling dibutuhkan, jangan terlalu banyak karena dapat merepotkan anda sendiri.
-Kenakan anak anda baju yang nyaman

-Meskipun pembeli adalah raja, namun ajarkan bersikap sopan. Jjangan biarkan anak menyerak, merobek, menjatuhkan atau melempar barang.
– Pilih waktu yang tidak terlalu ramai  jika anak anda ingin bermain di arena kidsport,karena dikuatirkan sulit untuk mengontrolnya.
-Ajarkan anak anda menghapal nama nya dan nama anda. Ini penting  apabila anak terlepas dari sisi anda.

Dimuat di Majalah Parenting Mei 2009

artikel komplit ada disini http://www.asacinta.blogspot.com/2009/05/aman-di-mal.html



No Comments »

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *